TATA CARA PENDAFTARAN

CALON PESERTA DIDIK KELAS 1 SD

Tata cara pendaftaran calon peserta didik kelas I SD diatur sebagai berikut :

  1. Pendaftaran calon peserta didik baru melalui sekolah penyelenggara PPDB SD
  2. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkannya dilengkapi dokumen yang dipersyaratkan untuk diverifikasi. Persyaratan tersebut yaitu;
    1. Formulir pendaftaran yang telah terisi;
    2. Ijazah/STTB TK/RA/PAUD (jika ada) dan foto kopinya;
    3. Pas foto 3x4 sebanyak 3 lembar;
    4. Foto kopi Akte Kelahiran (apabila saat mendaftar belum memiliki ada surat pernyataan kesanggupan melengkapi) atau surat keterangan lahir;
    5. Foto kopi Kartu Keluarga;
    6. Surat keterangan Anak Berkebutuhan Khusus/ ABK (jika ada)
  3. Panitia PPDB sekolah melakukan verifikasi dokumen pendaftaran untuk diperiksa kelengkapan dan keabsahannya.
  4. Panitia mencentang kelengkapan berkas pada ceklist kelengkapan berkas jika telah sesuai dengan syarat pada poin (2) dan memberikan bukti verifikasi berkas.
  5. Hasil seleksi diumumkan melalui papan pengumuman PPDB di sekolah penyelenggara dan pendaftar yang dinyatakan diterima, wajib melakukan proses daftar ulang ke sekolah penerima.
  6. Calon peserta didik dengan kriteria anak berkebutuhan khusus (ABK) SD wajib diterima oleh sekolah dalam radius zonasi 1km.

CALON PESERTA DIDIK KELAS 1 SMP

Tata cara pendaftaran calon peserta didik kelas VII SMP diatur sebagai berikut :

  1. Pendaftaran calon peserta didik baru SMP melalui laman web PPDB di: http://ppdb.pendidikan.gunungkidulkab.go.id/
  2. Pendaftar menginput NISN pada laman PPDB, data pendaftar akan muncul sesuai data dapodik dan paling banyak 5 (lima) sekolah sesuai tempat tinggal pada sistem zonasi. Jika tidak di temukan data pendaftar, harap diperiksa kembali kesesuaian data dapodik di sekolah asal. Pendaftar dapat memilih 2 (dua) sekolah dan dapat menentukan SMP pilihan 1 dan pilihan 2.
  3. Pendaftar mencetak formulir bukti pendaftaran dan menyerahkannya dilengkapi dokumen yang dipersyaratkan untuk diverifikasi. Persyaratan tersebut yaitu;
    1. Bukti cetak pendaftaran online;
    2. Ijazah/STTB dan foto kopinya;
    3. SHUN/SKHUN dan foto kopinya;
    4. Pas foto 3x4 sebanyak 3 lembar;
    5. Foto kopi Akte Kelahiran atau surat keterangan lahir;
    6. Foto kopi Kartu Keluarga;
    7. Foto kopi Kartu Indonesia Pintar (jika ada)
    8. Foto kopi legalisir prestasi akademik / non akademik (jalur prestasi)
    9. Surat keterangan Anak Berkebutuhan Khusus/ ABK (jika ada)
  4. Panitia PPDB sekolah melakukan verifikasi dokumen pendaftaran untuk diperiksa kelengkapan dan keabsahannya.
  5. Panitia mencentang kelengkapan berkas jika telah sesuai dengan syarat pada poin (3) di laman PPDB online sesuai nomor pendaftaran calon peserta didik baru dan memberikan bukti verifikasi berkas.
  6. Peserta dapat melakukan perubahan pilihan 1 dan pilihan 2, sebelum batas waktu penutupan pendaftaran. Jika pilihan 1 dibatalkan oleh pendaftar, berkas pendaftar tetap disimpan oleh sekolah pilihan 1 sampai akhir seleksi pendaftaran, dan maka pilihan 2 otomatis menjadi pilihan 1 dan pilihan 2 dapat dipilih ulang. Berkas pendaftaran dapat diambil jika proses seleksi secara online selesai dan calon peserta didik telah diterima pada sekolah penyelenggara PPDB serta menyerahkan berkas tersebut ke sekolah dimana pendaftar diterima.
  7. Hasil seleksi diumumkan melalui laman PPDB online dan pendaftar yang dinyatakan diterima, wajib melakukan proses daftar ulang ke sekolah penerima.
  8. Calon peserta didik dengan kriteria anak berkebutuhan khusus (ABK) wajib diterima oleh sekolah dalam radius zonasi 1km.